Berita & Informasi

Posted on 25 October 2013

Tamatan SMP Jangan Sampai Putus Sekolah


Lima Puluh Kota - Para tamatan SMP jangan sampai berpikir tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat SLTA. Begitu juga dengan tamatan SLTA, jangan hanya menargetkan lulus, tapi diharapkan mampu berkompetisi masuk ke Perguruan Tinggi. Demikian Wakil Bupati Lima Puluh Kota Asyirwan Yunus dalam sambutannya pada acara perpisahan siswa di SMPN 4 Kecamatan Lareh Sago Halaban, Rabu (22/5). Sementara bagi para tamatan perguruan tinggi, lanjut Asyirwan, diharapkan mampu bersaing mendapatkan lapangan pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja. Untuk itu para pelajar dan mahasiswa tersebut jangan pernah berhenti belajar.

"Kita berharap para tamatan SMP tidak ada yang putus sekolah. Khusus bagi lulusan SLTA hendaknya mampu bersaing mendapatkan perguruan tinggi dan tamatan perguruan tinggi mampu bersaing mencari atau menciptakan lapangan pekerjaan", papar Asyirwan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini, ujar Asyirwan, setiap orang tua jangan hanya melepas anaknya ke sekolah. Tapi sesekali perlu meninjaunya ke sekolah, guna mengetahui kekurangan atau kelemahan anaknya. "Dengan adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa, diharapkan prestasi anak didik itu bisa lebih meningkatkan lagi," ucap Asyirwan. Khusus terhadap guru, tidak hanya dituntut sebagai tenaga pengajar. Tapi, lebih dari itu sebagai pendidik yang bisa memberikan contoh teladan.

Sebelumnya Kepala SMPN 4 Kecamatan Lareh Sago Halaban Rahmad Santoso, S.Pd dalam laporannya optimis siswanya lulus 100%. Sebab, sejak beberapa waktu belakangan prestasi siswa di sekolah yang berlokasi di Jorong Mangunai Nagari Ampalu itu menunjukan prestasi yang menggembirakan. "Kami optimis 47 siswa kelas tiga di sekolah kami lulus semua. Keyakinan itu berdasarkan prestasi sekolah kami dalam olimpiade matematika, biologi, fisika dan IPS tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota beberapa waktu lalu yang berapa pada peringkat 20 dari 46 SMP di daerah ini," yakin Rahmad.

Sumber