Berita & Informasi

Posted on 25 October 2013

Pramuka Bentuk Watak dan Kepribadian


Lima Puluh Kota - Gerakan pramuka perlu ditumbuhkembangkan di kalangan generasi muda. Sebab, pramuka itu merupakan salah satu wadah untuk menempa watak dan kepribadian anak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demikian Wakil Bupati Lima Puluh Kota Asyirwan Yunus dalam sambutannya selaku Pembina upacara Hari Pramuka ke-52 tahun 2013 tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota di lapangan SMPN 2 Harau, Rabu (14/8). "Kita berharap gerakan Pramuka di daerah ini semakin ditingkatkan. Sebab kita yakin Pramuka akan mampumembentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, memiliki jasmani dan rohani yang sehat serta membentuk warga negara yang berjiwa Pancasila serta setia pada NKRI," ujar Asyirwan.

Dikatakan, terkait dengan gerakan Pramuka tersebut pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Ini merupakan dasar hukum yang kuat dan mengikat bagi semua komponen bangsa untuk terlibat dalam Gerakan Pramuka. "Kehadiran UU ini membuktikan pemerintah serius mengurus gerakan pramuka. Menyimak banyaknya hal positif dalam Pramuka, kita mengajak generasi muda memanfaatkan wadah tersebut buat menciptakan sumberdaya manusia yang tanggu dan berkualitas," papar Asyirwan.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan Wabup juga mengatakan, pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga menekankan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian. Pendidikan yang terlalu menekankan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengabaikan pembentukan watak dan kepribadian adalah menyesatkan. Lebih jauh dikatakan Ketua Kwartir Nasional, saat ini kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar yang berkaitan dengan masalah sosial dan kebangsaan. Masalah social itu meliputi NAPZA dan obat terlarang dan lainnya. Sedangkan masalah kebangsaan meliputi solidaritas yang rendah, semangat bela Negara yang lemah dan lainnya.

Sumber