Berita & Informasi

Posted on 25 October 2013

Lomba Bercerita TK.Kabupaten Lima Puluh Kota


Lima Puluh Kota - "Membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan terus berlanjut secara terus menerus". Kebiasaan membaca dapat ditumbuhkan disekolah dengan mengoptimalkan potensi yang ada di perustakaan, sambutan Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Don Adonis,M.Si sewaktu membuka acara Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu (1/5) di Hotel Sago Bungsu Tanjung Pati Kecamatan Harau. Pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui 3 jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Agar dapat dicapai hasil yang optimal dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca dikalangan generasi muda harus di pupuk dengan melibatkan peran serta semua komponen, jelas Don Adonis. Dengan mengangkat tema " Melalui Lomba Bercerita Kita lestarikan Budaya Daerah untuk mewujudkan Persatuan dalam keanekaragaman Budaya", diharapkan bisa memacu para siswa untuk bisa mencintai budaya membaca.

Kepala Kantor Pepustakaan Arsip dan Dokumentasi Indra Mulyadi, S.Pd melaporkan, peserta Lomba Bercerita tingkat SD/MI terdiri dari murid kelas 4 dan kelas 5, putra dan putri utusan dari 13 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, masing-masing kecamatan mengutus 2 peserta sehingga total peserta berjumlah 26 orang. Dewan juri Lomba Bercerita berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu Budayawan Ray Foster dan Iyutfitra yang merupakan seorang seniman, materi lomba ditetapkan panitia yang bersumber dari cerita rakyat terdiri dari 2 judul cerita” Ratap Upik dan Belut Yang Sangat Panjang”,kata Indra Mulyadi.

Hadiah bagi pemenang I, II, III serta harapan I, II, III mendapat hadiah berupa Tabanas dan Tropy serta seluruh peserta mendapatkan uang saku dan piagam. Bagi pemenang I, II akan diutus mengikuti lomba di tingkat Provinsi, sedangkan juara tingkat Provinsi akan mengikuti lomba tingkat Nasional, tambah Indra Mulyadi. Tradisi lisan yang merupakan salah satu kekayaan Indonesia seperti, legenda, mitos,epos dan cerita sejarah serta pahlawan sebagian sudah dalam bentuk tulisan, tulisan tersebut sudah menjadi koleksi perpustakaan.

Sumber